Merubah Foto Menjadi Gambar Pola Abstrak Di Photoshop

Tutorial Photoshop untuk merubah gambar atau foto menjadi pola abstrak tertentu yang lebih kompleks. Berikut adalah gambar sebelum dan sesudah foto tersebut diedit dengan Photoshop.

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-1

Tanpa menunggu terlalu lama lagi, mari dimulai langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh untuk mendapatkan hasil yang sama persis dengan yang saya hasilkan.

Pada tahap pertama ketika foto sudah dibuka menggunakan Photoshop adalah dengan meng-crop (menghilangkan) bagian kanan foto sedikit. Hal ini dilakukan karena batang pohon terbesar yang terdapat dalam gambar terlihat dominan, sedangkan pola yang akan anda hasilkan seharusnya terdiri dari batang pohon kecil dan dedaunan. Untuk mengaktifkan toolnya, cukup dengan menekan tombol C pada keyboard. Setelah itu, klik 2X pada layer background untuk menghilangkan (menonaktifkan) layer yan terkunci dengan simbol gembok. Jika muncul kotak dialog, langsung klik Ok saja. Jika diperhatikan, nama layer yang tadinya adalah “background” akan berubah menjadi “Layer 0”.

Langkah kedua adalah dengan memperbesar ukuran kanvas. Caranya adalah dengan mengakses Image – Canvas Size atau menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan Alt + Ctrl + C. Jika kotak dialog pengaturannya telah terbuka, silahkan aplikasikan setting seperti pada gambar dibawah ini.

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-2

Anda akan melihat bahwa saat ini ukuran dokumen (kanvas) akan secara otomatis mengikuti pengaturan diatas dimana lebar dan tingginya akan diperbesar dengan ukuran masing-masing 100%. Setelah itu, geser gambar yang ada dalam kanvas menggunakan Move Tool (V) ke arah batas bawah dan samping kiri. Bisa juga dilakukan menggunakan Allignment Tool. Berikut tampilan gambar untuk langkah ini.

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-3

Jika sudah, duplikat layer (Ctrl + J) pertama ini dan tekan Ctrl + T untuk merotasi gambar tersebut (Flip Horizontal) sehingga tampak seperti pantulan gambar sebelumnya dan posisikan pada sebelah kanan kanvas. Cara memutar gambar tersebut juga bisa dengan memilih Edit – Transform – Flip Horizontal.

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-4

Sekarang anda telah memiliki 2 layer. Pilih layer kedua, lalu tekan Ctrl + Shift + Alt + E untuk menggabung isi kedua layer yang ada kedalam satu layer baru (merge) yang secara otomatis akan dinamai dengan “Layer 1”. Kemudian posisikan gambar pada bagian atas lalu putar secara vertikal (Flip Vertical) dengan mengakses menu seperti sebelumnya. Yang berbeda hanya arah transformasinya saja dimana pada langkah sebelumnya adalah dengan memutar secara horisontal (kanan-kiri), kali ini akan dilakukan secara vertikal (atas-bawah).

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-5

Pada gambar diatas yang terdiri dari 3 layer, sebenarnya pola yang terbentuk sudah mulai tampak. Hanya saja masih terlalu sederhana. Untuk membuat pola yang lebih kompleks lagi, tahap selanjutnya adalah dengan melakukan transformasi kembali. Hal pertama dalam langkah tersebut adalah dengan memilih layer ketiga (teratas) lalu tekan Ctrl + Shift + Alt + E kembali agar terbentuk layer baru (ke-4) kemudian tekan Ctrl + T (Transform) pada layer ke-4 tersebut dan putar gambarnya dengan kemiringan -45 derajat. Setelah itu, tekan Ctrl + Shift + Alt + T (Transform Again) sebanyak 2X untuk mentransformasikan kembali gambar yang ada sehingga terbentuk 2 layer baru diatasnya secara otomatis.

Perlu diingat bahwa shortcut terakhir yang saat ini digunakan adalah salah satu teknik untuk melakukan step and repeat menggunakan Photoshop sehingga anda tidak harus melakukannya secara manual.

Berikut hasil yang seharusnya akan anda dapatkan beserta tampilan layer yang ada.

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-6

Untuk mendapatkan hasil sebagaimana foto diatas, saya memilih ketiga layer teratas kemudian mengubah blend mode layernya menjadi Darken agar tumpang tindih gambar tersebut membentuk pola tertentu dengan paduan warna yang seimbang secara keseluruhan.

Baca juga:

Hasil diatas juga merupakan langkah akhir dalam pembuatan pola kompleks dalam tutorial ini. Anda bisa langsung menyimpannya atau melanjutkan proses pengerjaannya, dimana dalam hal ini adalah pewarnaan dan detail tekstur gambar. Jika ingin melanjutkannya, maka langkah berikutnya adalah dengan mengatur tingkat kecerahan dan kontrasnya menggunakan Brightness/Contrast adjustment layer.

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-7

Setelah itu, gabung kembali layernya menjadi satu layer baru dan ubah menjadi Smart Object Layer. Lalu, tingkatkan detail gambar tersebut menggunakan Unsharp Mask (Filter – Sharpen – Unsharp Mask) dengan pengaturan sebagai berikut.

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-8

Anda kemudian akan bekerja dengan warna. Kali ini saya memakai Gradient Fill adjustment layer dengan settingan seperti gambar dibawah ini.

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-9

Pada warna gradient ini, ubah blend modenya menjadi Hue.

Selanjutnya adalah langkah terakhir. Buat layer baru (blank/kosong) pada bagian teratas layer yang ada dan isi dengan warna 50% Gray yang bisa anda akses dengan menekan Shift + F5 dan ubah blend modenya menjadi Overlay, lalu turunkan nilai Fill layer tersebut hingga mencapai 40%. Setelah itu, rubah warna background dan foreground pada tampilan tool Photoshop sebelah kiri dengan kode warna yang sudah saya sertakan berikut ini.

Merubah-Foto-Menjadi-Gambar-Pola-Abstrak-Di-Photoshop-10

Setelah warnanya diubah, terlihat juga pada gambar diatas bahwa langkah berikutnya adalah dengan menerapkan filter Fibers melalui menu Filter – Render – Fibers dengan setingan yang sama seperti diatas. Step terakhir ini sifatnya opsional. Bisa anda ikuti ataupun tidak. Alasan saya melakukannya adalah agar detail tekstur pada gambar semakin beragam sehingga terlihat lebih kompeks lagi seolah dibuat secara manual seperti layaknya sebuah goresan kuas pada kanvas seorang pelukis. Hehehe. Meskipun tidak bisa saya samakan, tapi semoga apa yang saya maksudkan dapat anda pahami. Ok?

Dan, selesai.

Seperti itulah salah satu cara yang saya gunakan untuk merubah hasil fotografi menjadi sebuah karya yang memiliki pola yang dalam istilah saya pribadi saya anggap kompleks sebagaimana yang telah diutarakan pada beberapa langkah diatas menggunakan Photoshop.

Bagikan tutorial ini jika anda rasa bermanfaat.

Penting:

Dari apa yang telah disampaikan diatas, pembentukan pola yang ada adalah menggunakan teknik Step & Repeat yang dilakukan dengan menggunakan shortcut Ctrl + Shift + Alt + T. Jadi, jika sebelumnya anda merubah ukuran ataupun arah suatu objek atau gambar, dengan memakai shortcut tersebut kembali maka anda akan memperoleh hasil yang bervariasi yang bersumber dari pengaturan yang telah anda terapkan sebelumnya. Pada contoh diatas, settingan pertama sebelumnya adalah merotasi gambar dengan kemiringan -45 derajat. Setelah menggunakan shortcut (misalnya, sekali saja) maka gambar secara otomatis akan miring sebanyak -90 derajat. Begitu seterusnya karena akan berlaku kelipatan dari yang anda tentukan di awal.

Terima kasih telah mau belajar dan membagikan tutorial-tutorial yang ada dalam blog sederhana ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »