Tutorial Membuat Gambar Segitiga Abstrak di Photoshop Dengan Langkah yang Super Mudah dan Singkat

Salah satu hal yang menarik dalam penggunaan Photoshop adalah kemampuannya yang sangat membantu dalam memvisualisasikan ide-ide baru dalam bentuk gambar misalnya membuat karya dengan konsep abstrak. Dan, pada tutorial kali ini pun anda akan disajikan cara pembuatan gambar segitiga abstrak dari nol hingga jadi tanpa bantuan atau dukungan gambar/foto tambahan. Jadi, benar-benar hanya mengandalkan berbagai tools yang telah disediakan oleh software ini.

Entah akan menggunakannya sebagai wallpaper laptop ataupun hp anda nantinya, ataupun dalam bentuk lain. Silahkan berkreasi mengenai penerapan hasil akhir tutorial ini akan digunakan dalam hal apa. Ok?

Untuk mengetahui karya seperti apa yang akan anda buat menggunakan panduan ini, dapat anda saksikan hasil akhirnya pada gambar berikut.

segitiga-abstrak-di-photoshop

Tertarik untuk membuatnya? Silahkan kuti langkah-langkah mudah dibawah ini untuk melanjutkan proses pembelajaran anda saat ini.

1. Ukuran dokumen baru di Photoshop

Hal pertama yang harus anda laksanakan adalah dengan membuat dokumen baru dengan ukuran 750 px (Width) X 400 px (Height), resolution: 72 pixels/inch, dan isi warna latarnya dengan Putih (White). Setelah itu klik ok untuk melihat dokumen baru tersebut. Kemudian, duplikat layer background tersebut (Ctrl + J) dan ubah namanya menjadi “segitiga”, lalu klik kanan dan pilih Convert to Smart Object. Mengenai nama, silahkan ubah sesuai keinginan. Yang jelas, jangan lupa untuk merubah layernya menjadi smart object untuk mendukung penerapan dan pemrosesan lebih lanjut beberapa filter pada satu layer di langkah selanjutnya.

2. Menerapkan beberapa filter Photoshop pada layer segitiga

Pada tahap ini, lebih tepatnya anda akan menggunakan 4 (empat) filter pada layer segitiga yang baru saja anda ubah namanya. Filter pertama yang akan dipakai adalah Noise. Untuk membukanya, arahkan mouse anda ke menu Filter – Noise – Add Noise. Berikut pengaturan yang akan anda terapkan:

Amount: 200%, Distribution: Gaussian, dan pilih (centang) kotak Monochromatic agar noisenya berwarna hitam putih.

segitiga-abstrak-di-photoshop-dengan-filter-add-noise

Jika sudah menerapkan sebagaimana pengaturan diatas, maka selanjutnya anda akan menggunakan filter kedua yaitu Motion Blur dengan mengakses Filter – Blur – Motion Blur. Mengenai pengaturannya, aplikasikan Angle menjadi 0° dan Distance menjadi 2000 Pixels.

Lalu, kita akan bekerja dengan filter berikutnya (yang ketiga) yaitu Wave dengan memilih Filter – Distort – Wave untuk membukanya. Pada filter inilah bentuk segitiga abstrak akan terlihat dengan jelas. Karena banyaknya settingan yang harus anda atur, silahkan langsung saja perhatikan gambar di bawah ini.

segitiga-abstrak-di-photoshop-dengan-filter-wave

Sesaat ketika anda klik Ok untuk menutup kotak dialog pengaturannya, anda bisa melihat bahwa layer segitiga yang dimiliki sekarang sudah terisi (terbentuk) gambar abstrak segitiga. Akan tetapi, hasil yang didapatkan tampil masih terlalu tegas (kasar). Oleh karena itu, dibutuhkan filter terakhir (keempat) untuk membuat tampilannya terlihat lebih halus atau lembut yaitu filter Surface Blur. Untuk membukanya, silahkan pilih Filter – Blur – Surface Blur.

Mengenai pengaturannya, setting Radiusnya menjadi 90 Pixels dan Threshold pada tingkat 45 levels. Setelah itu, anda sudah bisa membandingkan dengan gambar atau tampilan sebelumnya yang kasar menjadi lebih ramah bagi mata untuk dilihat saat ini. Dan, langkah ini juga menjadi tahap akhir mengenai penggunaan filter Photoshop.

3. Pengaturan warna menggunakan adjustment layer

Dari sekian banyak pilihan pada adjustment layer, pada tutorial Photoshop kali ini kita hanya akan menggunakan 2 saja. Diantaranya adalah Gradient Fill dan Photo Filter. Mari, langsung saja mengaplikasikan gradient sebagai adjustment layer yang pertama dengan pengaturan sebagaimana terlihat pada gambar berikut.

Segitiga-abstrak-di-photoshop-dengan-gradient-fill

Jika telah selesai dengan pemilihan 2 warna dan beberapa setingan lainnya diatas, berikutnya adalah dengan mengubah Blend Mode layernya dari Normal menjadi Linear Light. Lalu, lanjut pada langkah kedua dalam pewarnaan ini yaitu dengan menggunakan Photo Filter sebagaimana yang telah diinformasikan sebelumnya.

Pada bagian ini, filter yang dipilih adalah Warming Filter (85) dengan Density mencapai 51%. Untuk lebih jelasnya, lihat pada gambar dibawah ini!

segitiga-abstrak-di-photoshop-dengan-photo-filter

Dengan setingan diatas, maka hal tersebut juga menjadi akhir pada langkah ketiga ini.

4. Pengaturan kecerahan dan kontras gambar

Memang secara sengaja saya pisahkan tahap ini dengan langkah pewarnaan diatas, meskipun memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya agar panduannya lebih terarah dan mudah dipahami. Anda pun sudah pasti tahu bahwa kecerahan dan kontras yang akan diatur adalah juga menggunakan adjustment layer seperti pada langkah ketiga diatas. Lebih tepatnya adalah menggunakan Brightness/Contrast.

Ubah Brightness menjadi -6 dan Contrast menjadi 51. Dan, saat ini anda sudah benar-benar selesai mengikuti langkah-langkah pembuatan gambar segitiga abstrak menggunakan Photoshop.

Dengan panduan diatas, hasil akhir yang akan anda dapatkan seharusnya akan sama persis dengan yang saya dapatkan seperti pada gambar pertama diatas. Namun, jika ada beberapa pertanyaan mengenai tutorial ini, silahkan layangkan via komentar di bawah. Ingat juga untuk membagikan tutorial ini jika anda rasa bermanfaat untuk membantu teman-teman yang lainnya.

Anda juga bisa membaca lebih lanjut mengenai langkah-langkah pembuatan gambar abstrak lainnya menggunakan Photoshop pada tutorial ini:
Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »