Merubah Foto Berwarna dengan Efek Grayscale atau Abu-Abu di Photoshop

Efek-foto-abu-abu-atau-Grayscale-di-Photoshop

DesainGrafisTut.blogspot.com kali ini akan menyajikan panduan membuat salah satu jenis efek foto yang cukup populer yaitu efek foto abu-abu. Biasanya, foto yang secara keseluruhan warna atau tone-nya hanya ada 2 selalunya identik atau didominasi dengan gambar hitam putih. Meskipun gambar duotone juga ada. Perpaduan kedua warna tersebut akan menghasilkan satu warna baru yaitu abu-abu. Nah, pada tutorial kali ini, anda akan belajar membuat atau merubah foto berwarna menjadi abu-abu (efek grayscale) menggunakan Photoshop.

Untuk bahan latihan kali ini, saya menggunakan foto dari Frank McKenna yang jika dilihat, gambar tersebut sepertinya menggunakan filter kamera tertentu atau mungkin karena setingan kameranya hingga background dan objek utama terlihat memiliki warna yang tidak natural sebagaimana kondisi aslinya. Atau mungkin juga karena memang sudah di edit hingga sedikit terlihat seperti efek sephia atau retro (vintage).

Yang membuat foto ini menarik dan juga menjadi alasan saya menggunakannya adalah karena kesederhanaan yang ada dan kepolosan dari objek utama. Termasuk juga karena gambar latarnya yang tidak ramai sehingga fokus utama objek semakin jelas dengan pengambilan gambar yang cukup dekat (close up). Dan, secara keseluruhan, cerita yang disampaikan melalui foto ini menjadi lebih mudah untuk dipahami dengan adanya mimik pada wajah si anak (model) dalam bidang foto.

Jika anda sudah memiliki file gambarnya, akan lebih baik jika kita mulai membuat efek foto yang saat ini sedang anda baca.

1. Merubah foto menjadi hitam putih

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa untuk mendapatkan warna abu-abu adalah dengan adanya paduan warna antara hitam dan putih. Maka, langkah pertama ini bagi saya menjadi masuk akal untuk merubahnya menjadi B&W.

Untuk melakukannya, anda bisa menggunakan Black & White adjustment layer dengan pengaturan berikut ini.

Pengaturan-hitam-putih-foto-dengan-Black-&-White-adjustment-layer

Pada setingan diatas, saya sekedar mengubah warna merah (Reds) untuk mencerahkan sedikit warna dominan pada objek. Wajah dan pakaiannya pun mengandung sedikit warna ini, hanya saja intensitasnya sangat kecil. Apalagi pengaturan yang saya terapkan tidak begitu signifikan nilainya, sehingga bisa dibilang tidak ada pengaruhnya sedikit pun selain foto saat ini menjadi hitam putih.

Setelah itu, gunakan juga Gradient Map menggunakan warna hitam dan putih agar foto yang dihasilkan lebih tajam dimana warna hitam, putih dan abu-abu semakin jelas dan tegas.

Pengaturan-Gradient-Map

Pada gradient ini, tidak ada setingan lanjutan lainnya selain hanya merubah paduan warna saja seperti gambar diatas.

2. Menaikkan kecerahan dan kontras foto

Untuk langkah kedua ini, sudah pasti bahwa tools yang akan digunakan adalah Brightness/Contarst. Yang perlu diubah hanyalah nilai pada Contrast menjadi 100. Saat ini, foto yang akan anda lihat pasti sangat terang sekali bukan? Padahal, tadinya mau buat grayscale dengan fokus yang halus, tetapi malah terang benderang begini.

Hasil yang diperoleh dengan langkah ini adalah gambar hitam putih dengan efek High Key. Manfaat menggunakan langkah ini adalah untuk lebih mempertegas lagi ketiga warna yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

3. Mengubah Exposure foto

Tiga warna yaitu hitam, putih dan abu-abu atau gelap, terang dan warna tengahnya (midtone) yang sudah kita ciptakan dari kedua langkah diatas sangat memiliki kaitan yang erat dengan fungsi eksposure itu sendiri. Sehingga, tools yang akan kita gunakan selanjutnya pun sudah pasti adalah exposure adjustment layer.

Mengenai pengaturan ketiganya, silahkan lihat pada tampilan gambar berikut.

Pengaturan-Exposure-adjustment-layer

Sesaat kemudian setelah menerapkan nilai diatas, maka hasil yang akan didapatkan adalah seperti yang tampak pada foto di bawah ini.

Merubah-foto-berwarna-dengan-efek-Grayscale-abu-abu-di-Photoshop

Efek Grayscale tone diatas jika diperhatikan dengan seksama, sangat berbeda dengan foto hitam putih. Terlihat dari warna abu-abu yang mendominasinya sebagai warna tengah (midtone). Juga, sedikit terlihat seperti foto dengan matte effect (efek foto matte) yang memberikan kesan fokus yang halus pada seluruh bidang gambar, tidak hanya pada objek utama saja.

Dan, BERES!

Tidak ada lagi yang perlu anda lakukan. Namun, coba menerapkan tutorial ini dengan foto yang berbeda. Mungkin anda bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih menarik dibanding yang sudah saya bagikan. Begitu juga dengan pengaturannya.

Untuk mendukung proses belajar anda, silahkan pelajari juga:

Silahkan bagikan tutorial ini menggunakan tombol sosial media di bawah ini. Dan jika anda memiliki sesuatu yang ingin disampaikan, jangan sungkan untuk melayangkannya melalui komentar. Sesegera mungkin admin akan berusaha untuk membalasnya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »