9 Cara Merubah Warna Foto Di Photoshop

Cara merubah warna foto maupun desain di Photoshop terkadang mudah, singkat dan pada beberapa gambar juga cukup menantang. Semua tergantung pada tingkat kompleksitas bentuk suatu objek dan warna yang ada.

Sebagai contoh, jika ingin mengubah warna vektor, mungkin dengan mudahnya bisa anda lakukan. Namun, akan sedikit berbeda jika anda ingin merubah warna hasil fotografi terutama untuk mendapatkan efek tertentu. Apalagi jika gambar yang digunakan mengandung banyak paduan warna baik yang solid maupun gradasi.

Oleh karena itu, pada tutorial Photoshop kali ini, anda akan diberikan 9 cara mudah dan singkat untuk melakukannya.

Tentunya, dari sekian banyak teknik yang akan anda dapatkan, kesemuanya hanyalah merupakan dasar bagaimana merubah warna tertentu ke warna yang anda inginkan maupun tidak (acak).

Dibawah ini akan anda lihat gambar sebelum dan sesudah diubah warna gambarnya.

Merubah-warna-foto-di-Photoshop

Saya menggunakan foto yang terbilang sangat sederhana. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa dengan mudah memperhatikan perubahan dari setiap warna dengan menerapkan beberapa pengaturan.

Perlu diketahui juga bahwa seluruh cara yang saya gunakan adalah menggunakan adjustment layer yang bisa anda akses melalui panel bagian paling bawah dari layer anda. Lebih jelasnya, anda bisa membaca mengenai tool tersebut dari tutorial sebelumnya.

Berikut panduan yang bisa anda gunakan untuk mulai mempelajari beberapa cara yang saya gunakan.

1. Merubah warna foto dengan Selective Color


Yang paling mengesankan sekaligus menjadi fungsi utama dari selective color adalah kemampuannya yang secara otomatis mendeteksi warna tertentu (selektif) dan mengubahnya ke warna lain dengan menerapkan satu atau beberapa pengaturan di dalamnya.

Dengan menggunakan foto asli seperti yang tampak pada gambar pertama diatas, saya mengubah setingan bawaannya seperti berikut.

Merubah-warna-dengan-selective-color-di-Photoshop

Anda pun bisa melakukan hal yang sama ataupun lainnya jika memakai foto yang berbeda. Dengan pengaturan diatas, maka hasil yang didapatkan adalah…

Hasil-merubah-warna-dengan-selective-color-di-Photoshop

Cukup mudah kan?

2. Menggunakan Gradient Map atau Gradient Fill


Cara kedua yang bisa digunakan adalah Gradient Map dan Gradient Fill. Pada tutorial ini, saya hanya akan menunjukkan penggunaan Gradient map saja. Sangat mudah karena anda hanya perlu memilih atau menentukan paduan warna apa yang ingn anda gunakan. Contohnya seperti di bawah ini.

Merubah-warna-dengan-gradient-map-di-Photoshop

Dengan settingan diatas, maka hasil yang akan didapatkan bisa dilihat pada gambar berikut.

Hasil-merubah-warna-dengan-gradient-map-di-Photoshop

Jika anda tidak ingin merubah blend mode layernya seperti diatas (Overlay), cukup dengan mencentang (aktifkan) pilihan Reverse dan lihat hasilnya. Bisa juga dengan merubah Fill maupun opacity dari layer tersebut. Namun jika menggunakan Gradient Fill, merubah blend mode layer adalah suatu keharusan agar bisa melihat tumpang tindih warna yang anda gunakan dengan foto yang berada pada layer di bawahnya.


3. Channel Mixer


Saat mengedit foto menggunakan Photoshop, biasanya mode yang digunakan adalah warna RGB. Pada panel channel yang terletak di sebelah panel layers biasanya akan anda temui juga 3 mode warna pembentuknya yaitu Red, Green, dan Blue (RGB). Nah, channel mixer ini akan menggabungkan ketiganya menjadi warna baru dengan merubah pengaturan dari opsi yang ada.

Merubah-warna-dengan-channel-mixer-di-Photoshop

Dengan menggunakan pengaturan diatas untuk foto pemandangan alam ini, maka hasil yang didapatkan akan menjadi seperti berikut ini.

Hasil-merubah-warna-dengan-channel-mixer-di-Photoshop

Bahkan, hanya dengan memilih opsi warna Red (merah) saja pada output channel dan menggeser slider Constant-nya ke sisi kanan, anda akan segera melihat bahwa gambar tersebut akan berubah warnanya secara keseluruhan.


4. Color Balance


Sesuai namanya yaitu berfungsi untuk memberikan tone yang seimbang untuk keseluruhan warna pada foto, maka dalam color balance terdapat 3 pengaturan utama yaitu pada warna dominan gambar (terang/highlights), shadows (bayangan/gelap) dan midtones (antara/transisi).

Gambar di bawah ini merupakan settingan yang diterapkan pada foto dan hasil yang akan anda dapatkan jika memberikan nilai yang sama.

Pengaturan-dan-hasil-merubah-warna-dengan-color-balance-di-Photoshop

Selain fungsi tersebut, adjustment layer yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk merubah warna asli foto anda seperti pada gambar diatas.

5. Solid Color


Ada dua cara untuk membuat layer yang berisi warna solid (satu warna) di Photoshop. Yang pertama adalah dengan membuat layer baru dan mengisinya dengan warna yang anda inginkan. Dan, cara yang kedua adalah dengan menggunakan solid color pada adjustment layer.

Pilihan untuk menggunakan cara kedua bagi saya sangat menguntungkan karena bisa merubah warnanya kapanpun tanpa harus merubah layernya menjadi smart object, sebagaimana yang harus anda lakukan pada cara pertama.

Jika anda sudah selesai menentukan warna apa yang digunakan, selanjutnya adalah dengan mengganti blend mode layernya. Soft Light dan Overlay biasanya juga menjadi 2 pilihan utama untuk melihat bagaimana perpaduan antara warna tersebut dengan gambar yang berada di layer di bawahnya. Silahkan bereksperimen juga dengan merubah nilai fill dan opacity jika memang dibutuhkan.

6. Hue/Saturation


Selain bisa digunakan untuk meningkatkan warna foto maupun sebaliknya, Hue/Saturation juga bisa anda manfaatkan untuk mengganti warna. Perubahan tampilan foto terbesar dapat anda dapatkan dengan mencentang pilihan Colorize untuk mengaktifkan warna tertentu yang akan digunakan.

Pengaturan-dan-hasil-merubah-warna-dengan-hue-saturation-di-Photoshop

Pada gambar diatas, hue menunjukkan pilihan warna yang akan anda pilih dan saturation memungkinkan anda untuk menerapkan apakah warna tersebut akan anda tingkatkan atau tidak. Silahkan bermain-main juga dengan Lightness dan Preset untuk melihat warna lainnya yang merupakan setingan bawaan dari developernya.

7. Black & White


Nah, cara yang ini tidak hanya bisa anda gunakan untuk mengkonversi gambar berwarna anda menjadi foto hitam putih saja. Tetapi, bisa juga anda gunakan untuk merubah warna foto. Namun sayangnya adalah, warna tersebut akan berpengaruh secara keseluruhan pada bidang gambar.

Untuk melakukannya, anda hanya perlu mengaktifkan pilihan Tint dan memilih warna yang ingin anda gunakan.

Pengaturan-dan-hasil-merubah-warna-dengan-black-and-white-di-Photoshop

8. Curves


Sebagaimana tampilan kurva yang bisa anda atur sesuai yang anda inginkan, langkah ini juga bisa anda gunakan dengan merubah warna pada tiga warna channel (RGB) seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pengaturan-dan-hasil-merubah-warna-dengan-curves-di-Photoshop

Silahkan gunakan pengaturan diatas dan sepertinya bisa dengan mudah dibuat tanpa harus menuliskan valuenya (biasanya dalam bentuk angka positif dan negatif). Terlebih karena titik-titik kurvanya sangat jelas terlihat.

9. Levels


Seperti pada channel mixer dan curves yang memiliki 3 channel (RGB), levels-pun demikian. Lakukan pengaturan pada salah satu atau semua warna RGB tersebut untuk merubah warna foto anda agar menjadi lebih menarik lagi seperti yang anda butuhkan.

Tips:

  • Saat menggunakan adjustment layer diatas, manfaatkan juga blend mode layer untuk mendapatkan warna yang mungkin menarik bagi anda.
  • Manfaatkan layer mask yang secara otomatis ada pada masing-masing adjustment layer (kotak berwarna putih) terutama pada satu atau beberapa bagian foto yang tidak ingin anda ubah warnanya.
  • Gunakan dua atau lebih adjustment layer untuk mendapatkan warna dan tone baru pada foto seperti menggabungkan cara pada nomor 1 dan 2 diatas.

Setelah mengetahui beberapa teknik diatas, anda bisa langsung menggabungkannya dengan teknik lainnya apalagi jika menginginkan untuk membuat efek foto tertentu.

Silahkan baca juga:

Mungkin 9 cara ini dulu yang bisa saya sajikan untuk merubah warna pada foto anda menggunakan Photoshop. Jika anda memiliki cara lainnya, silahkan sampaikan melalui komentar untuk memberikan manfaat bagi pembaca.

Jangan lupa juga untuk share tutorial ini, ya. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »