Tutorial Cara Membuat Efek Foto Kotak Kolase (Collage of Polaroids) Di Photoshop

Efek foto kotak kolase (Collage of Polaroids) merupakan salah satu efek foto yang menarik untuk diterapkan pada berbagai jenis gambar. Cara membuatnya pun cukup mudah menggunakan Photoshop.

Tutorial kali ini menggunakan Adobe Photoshop CS6. Versi sebelumnya pun masih bisa mendukung sepanjang tools yang tersedia ada seperti Clipping Mask dan Group Layer.

Foto apa saja yang bisa diterapkan menggunakan efek ini?

Bisa dibilang bahwa apapun hasil fotografi yang anda hasilkan, baik foto pre-wedding, lansekap, selfie, dan masih banyak lagi, bisa anda terapkan efek kolase ini.

Hasil akhir setelah diterapkan efek kolase, maka akan didapatkan foto seperti di bawah ini.

Hasil-akhir-efek-kolase-Photoshop

Sedangkan, foto orisinal yang saya gunakan adalah sebagai berikut.

Foto-asli-sebelum-diberikan-efek-kolase

Silahkan gunakan foto apapun yang anda inginkan untuk mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan. Berikut tutorialnya. Dan, jika anda mengalami kebingungan pada panduan ini, silahkan tanyakan pada form komentar di bawah!

Mari jo, kita mulai!

1. Duplikat dan samarkan layer background


Jika fotonya sudah dibuka di Photoshop, langkah pertama adalah dengan melakukan duplikat pada layer background (layer utama) anda dan menyamarkannya (blur). Caranya adalah dengan menekan Ctrl + J pada keyboard (shortcut key untuk menggandakan layer), lalu ubah nama layer tersebut menjadi "Blur". Setelah itu, klik kanan pada layer baru tersebut lalu pilih Convert to smart object agar ketika anda mengedit dan menerapkan efek pada layernya, foto originalnya tetap bisa dikembalikan dan efeknya tetap bisa di edit kembali kapan pun yang anda inginkan tanpa harus melakukan undo yang serba terbatas.

Setelah mengkonversi layer ke smart object, arahkan mouse (kursor/pointer) anda ke menu bagian atas dengan memilih Filter - Blur - Gaussian Blur. Filter inilah yang akan kita gunakan untuk menyamarkan gambar yang kita gunakan sebagai background tadi (layer "Blur").

Ketika kotak dialog yang berisi pengaturannya terbuka, setting Radius pada gaussian blur menjadi 110 Pixels. Jika anda menggunakan foto lain, sesuaikan saja nilainya.

2. Meningkatkan warna gambar menggunakan Vibrance Adjustment Layer


Meningkatkan atau menaikkan warna gambar bertujuan untuk membuat gambar latar tersebut semakin menarik, meskipun gambarnya sudah disamarkan. Caranya adalah dengan mengaskses Vibrance Adjustment Layer melalui panel pada bagian bawah layer dengan mengklik ikon bulat berwarna putih dan abu-abu, lalu pilih Vibrance.

Ubah nilai pada vibrance-nya menjadi +100 dan biarkan saja saturation sebagaimana awalnya (tetap 0) seperti pada gambar dibawah ini.

Cara-mengakses-vibrance-adjustment-layer-dan-mengubah-pengaturannya

Saya kira sejauh ini cukup mudah mengikuti tutorialnya, ya?

3. Membuat kotak kolase menggunakan Shape Tool


Pada langkah ke-3 ini, anda akan membuat kotak kolase yang akan digunakan untuk menampilkan bagian foto tertentu saja dengan menggunakan Shape Tool. Untuk mengaktifkan shape, pilih toolnya pada toolbar sebelah kiri dokumen anda. Ikon toolnya sendiri biasanya berbentu kotak yang berada di bawah ikon kursor mouse dan diatas ikon bergambar tangan. Pilih Rectangle Tool (U). Sesaat kemudian, perhatikan bagian opsi bar yang berada tepat di bawah menu Photoshop. Pastikan Shape terpilih dalam menu drop down dan pilih warna apa saja untuk shapenya. Saya sendiri memilih warna hitam. Dan, jangan mengaktifkan Stroke dengan cara memilih kotak bertanda garis merah miring agar kotaknya tidak memiliki outline (garis luar).

Memilih-Rectangle-Tool

Setelah itu, buat kotak kolase pertama anda dengan mengklik pada bagian wajah seperti yang saya lakukan.

Membuat-kotak-kolase-pertama

Jika sudah, rubah nama layer kotak pertama ini menjadi "Hitam". Jika menggunakan warna lain, silahkan sesuaikan namanya.

Langkah berikutnya adalah membuat kotak kolase kedua dengan menggunakan cara yang sama seperti diatas. Pada kotak kedua ini saya menggunakan warna putih dan merubah nama layernya juga menjadi "Putih". Tempatkan layer putih tersebut pada bagian bawah layer "Hitam" dan usahakan membuat kotak putih yang sedikit lebih besar dari sebelumnya.

Lalu, klik 2X pada layer putih untuk membuka Layer Style. Pada layer style ini, anda akan memberikan efek bayangan hanya pada layer "Putih" saja. Kalau sudah terbuka, lakukan pengaturan pada Drop Shadow seperti di bawah ini.

Pengaturan-drop-shadow-untuk-layer-putih

Klik Ok jika sudah, dan tampilan kedua kotak kolase tersebut akan terlihat seperti gambar di bawah.

Tampilan-kedua-kotak-kolase

4. Memasukkan foto pada kotak kolase


Jika pada langkah ketiga diatas sudah anda lakukan, maka langkah selanjutnya anda akan memasukkan foto pada kotak kolase. Dan, foto tersebut akan ter-input ke dalam kotak berwarna hitam atau layer "Hitam".

Caranya adalah dengan mendupikat layer "Background" dan ubah namanya menjadi "Foto" atau nama lainnya yang anda inginkan, lalu tempatkan layer foto tersebut pada bagian paling atas layer lainnya (persis diatas layer "Hitam"). Kemudian, klik kanan pada layer "foto" tersebut dan pilih Create Clipping Mask. Pada tahap ini, foto tersebut akan "masuk" dan tampil hanya pada bagian layer "Hitam". Sebesar apapun ukuran layer hitam, sebesar itu pula foto yang tampil.

Lihat hasilnya pada gambar di bawah beserta susunan layer yang saya gunakan.

Tampilan-foto-pada-kotak-kolase

WOW... Emejiiiiiiiiiiiiiiing! *heboh sendiri.

5. Memperbanyak kotak kolase foto


Pada langkah ke-4 diatas, seharusnya anda tahu bagaimana cara memasukkan foto dalam kotak kolase. Berikutnya, yang perlu anda lakukan adalah memperbanyak kotak tersebut untuk menampilkan lebih banyak lagi objek pada foto anda.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih layer "Putih", "Hitam", dan "Foto" dengan mengkliknya satu-satu sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard anda. Setelah itu, tekan Ctrl + G untuk menyatukan ketiga layer tersebut ke dalam sebuah Group atau folder. Biasanya, nama group tersebut akan menjadi Group 1. Ubah menjadi "Kolase 1".

Pada "Kolase 1" ini, langsung klik Ctrl + J untuk menduplikasinya dan ubah namanya menjadi "Kolase 2". Nah, pilih layer "Hitam" dan "Putih" pada group layer "Kolase 2" ini lalu geser kotaknya menggunakan tanda panah pada keyboard anda atau menggunakan Move Tool (V). Lalu, tekan Ctrl + T untuk memutarnya beberapa derajat ke kanan. Lihat gambar di bawah.

Menggeser-dan-memutar-kotak-kolase-pada-grup-Kolase-2

Lakukan hal yang sama untuk sisa kotak kolase lainnya yang belum anda buat. Saya sendiri membuat hingga grup layer kotak kolase tersebut mencapai 8 kotak kolase ("Kolase 8").

Tampilan-ke-delapan-kotak-kolase

Dan, dibawah ini adalah susunan layer dari ke-8 kotak kolase terseut serta keseluruhan layer yang ada pada tutorial ini.

Susunan-keseluruhan-layer-foto-kolase

Foto yang saya gunakan memiliki objek dimana keseluruhan badannya tidak terlihat. Oleh karena itu, agar lebih menarik lagi, keseluruhan layer grup dari "Kolase 1" hingga "Kolase 8" saya seleksi (pilih) dan menggunakan ikon tanda panah pada keyboard untuk menggeser atau merubah posisi objek utama foto. Juga, agar kotak kolase terbawah tidak terlalu berdekatan dengan bidang terbawah dari foto aslinya.

Dan, gambar diatas merupakan penutup sekaligus bagian akhir dari tutorial cara membuat efek foto kolase di Photoshop.

Bagaimana? Cukup mudah dan singkat, bukan? Jika terdapat kendala dalam berkreasi dengan tutorial ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »