Membuat Sendiri Gambar Abstrak Untuk Wallpaper Laptop Menggunakan Photoshop

Wallpaper (background) untuk laptop/pc bisa anda dapatkan dengan mudah di internet. Baik berupa gambar hasil fotografi maupun desain abstrak. Kualitasnya pun sangat beragam dan kebanyakan menawarkan resolusi yang begitu tinggi (High Definition/HD).

Selain bisa mengunduhnya secara online, anda pun bisa membuatnya sendiri sesuai dengan kreativitas anda. Dan, itu pula yang akan dibagikan dalam tutorial Photoshop kali ini.

Sebagai awal, perlu saya sampaikan bahwa ini hanyalah pengantar untuk membuat walpaper abstrak sederhana. Tapi, semoga hasil yang akan anda dapatkan bisa sesuai dengan yang anda harapkan. Saat sudah mengetahui langkah-langkahnya, sepertinya jika anda akan mengulanginya lagi, mungkin hanya akan butuh sekitar 5 menit untuk membuat gambar latar baru yang mirip dengan apa yang akan anda pelajari.

Hasil akhir yang akan anda dapatkan melalui panduan ini bisa anda lihat pada gambar berikut.

Cara-membuat-gambar-wallpaper-laptop-di-Photoshop

Mari mulai mengetahui cara yang saya gunakan untuk membuatnya!


1. Ukuran wallpaper


Karena dalam tutorial ini saya menggunakan laptop atau lebih tepatnya notebook berukuran kecil, maka untuk ukuran gambar yang akan dibuat adalah 1366 pxels X 768 pixels. Jika menginginkan dimensi yang berbeda sesuai dengan ukuran monitor anda, silahkan cek resolusinya terlebih dahulu. Anda hanya perlu melakukan klik kanan pada layar dan memilih Screen resolution untuk mengetahui ukuran layar yang anda gunakan saat ini.

Ukuran-gambar-untuk-wallpaper-laptop-di-Photoshop

2. Membuat gambar abstrak


Pengaturan-warna-background-dan-foreground-serta-susunan-layer-wallpaper-abstrakUntuk membuat sendiri gambar abstrak seperti yang anda lihat pada gambar hasil akhir diatas, terdapat beberapa langkah yang harus anda lakukan. Pertama, tekan D untuk merubah warna Background dan Foreground menjadi hitam putih (Default) dan klik kanan pada layer tersebut lalu pilih Convert to Smart Object. Kemudian, duplikat layer background (layer pertama sesaat setelah mengatur ukuran dokumen pada langkah 1 diatas) dengan cara menekan Ctrl + J, lalu ubah nama layer tersebut menjadi "Latar" seperti pada gambar di samping.

Setelah itu, pilih Filter - Render - Fibers. dan terapkan pengaturan pada Variance dan Strength seperti pada gambar di bawah.

Setingan-filter-Fibers-di-Photoshop

Jika sudah, anda akan melihat bahwa latar yang anda miliki saat ini berwarna hitam putih dengan tampilan yang tidak beraturan. Kedua warna tersebut berasal dari warna background dan foreground yang anda atur sebelumnya. Jika ingin melihat paduan warna yang berbeda, silahkan ubah kedua warna tersebut lalu terapkan kembali filter Fibers seperti sebelumnya.

Langkah berikutnya adalah dengan membuat gambar ini menjadi garis vertikal (stripline). Untuk itu, kembali ke menu filter lalu pilih Blur - Motion Blur.

Setingan-filter-motion-blur-di-Photoshop

Dengan pengaturan pada motion blur diatas, maka seharusnya anda sudah mendapatkan gambar stripline vertikal. Namun, karena hasilnya masih cenderung soft atau tidak begitu tajam, maka kita akan menggunakan filter kembali yaitu Unsharp Mask. Oleh karena itu, pilih Filter - Sharpen - Unsharp Mask dan terapkan pengaturan yang sama seperti berikut.

Setingan-filter-unsharp-mask-di-Photoshop

Sejauh ini, hasil yang sudah anda dapatkan dan susunan layer yang ada serta akhir pada langkah kedua ini dapat anda lihat di bawah ini.

Susunan-layer-dan-hasilnya

3. Menerapkan warna pada wallpaper


Jika telah mendapatkan background abstrak (garis vertikal) seperti diatas, maka selanjutnya adalah mengubahnya menjadi lebih berwarna menggunakan Adjustment Layer yang terdapat di bagian bawah panel layer anda (ikon lingkaran berwarna hitam dan abu-abu).

Adjustment layer yang pertama adalah Gradient Fill dengan pengaturan dan kode warna sebagai berikut.

Settingan-gradient-fill-di-Photoshop

Pada penerapan warna gradasi diatas, jangan lupa untuk mengubah blend mode layernya menjadi Overlay. Setelah itu, naikkan kontrasnya dan kurangi kecerahan pada gambar menggunakan Brightness/Contrast.

Pengaturan-brightness-and-contrast-untuk-wallpaper

Dan, yang terakhir adalah menerapkan warna tambahan menggunakan Solid Color (Color Fill) dengan warna Biru Tua. Kode warnanya adalah #010031, dan ubah juga blend mode-nya menjadi Exclusion.

Hasil yang anda dapatkan akan sama persis seperti hasil akhir yang telah saya tampilkan diawal. Kemudian, silahkan simpan/save gambar tersebut dengan menekan Ctrl + S pada keyboard sebagai shortcut key-nya. Pilih JPEG sebagai file gambar dan atur kualitasnya menjadi Maximum.

Untuk mengubah gambar latar monitor anda, buka folder tempat anda menyimpan gambar abstrak tadi lalu klik kanan dan pilih set as desktop background dan lihat hasilnya.

Langkah ketiga ini juga sekaligus menjadi penutup tutorial cara membuat sendiri gambar abstrak untuk wallpaper laptop/pc anda menggunakan Photoshop. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk melayangkannya melalui komentar. Silahkan, share juga tutorial ini untuk membagikannya dengan teman anda.

Untuk membuat gambar abstrak lainnya, silahkan baca juga:

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »