Cara Cepat Membuat Efek HDR Pada Foto Di Photoshop

Efek-foto-HDR-di-Photoshop

Efek Foto HDR di Photoshop - High Dinamic Range (HDR) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Jangakauan Dinamis Tinggi dalam fotografi merupakan salah satu jenis gambar yang jangkauan pencahayaannya lebih besar sehingga keakuratan (detail) gambar menjadi lebih jelas pula.

Jika menggunakan teknik ataupun kamera standar, mungkin menjadi sangat sulit untuk menciptakan foto jenis ini hanya dari satu gambar saja. Karena, banyak juga yang menciptakan efek ini menggunakan Photoshop yang bersumber dari 3 foto yang sama angle-nya tetapi masing-masing memiliki exposure yang berbeda.

Maka dari itu, akan saya coba tunjukkan cara membuat efek HDR di Photoshop dengan langkah yang sangat mudah dan singkat. Dan, hanya dari satu foto saja. Hasilnya, bagi saya bisa dikatakan lumayanlah dilihat dari perbandingan foto diatas. Mudah-mudahan anda juga memiliki pemikiran yang sama.

Foto yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah hasil fotografinya Bapak Scott Webb yang terhormat. Silahkan dapatkan fotonya di toko bangunan terdekat.😂

Langkah pertama untuk memulai tentunya membuka gambarnya di Photoshop. Jika tidak tahu caranya, coba buka pake linggis atau kunci inggris.

Setelah itu, gunakan Black & White adjustment layer pada panel bagian bawah agar foto aslinya tidak rusak/salah-salah saat melakukan pengeditan (biar ngeditnya not-destruktif). Bisa juga melalui menu Layer - New Adjustment Layer - Black & White. Pada langkah ini, anda tidak perlu merubah pengaturan warna yang ada. Cukup merubah blend mode layernya saja menjadi Soft Light.

Setelah itu, buat tangan anda keriting dengan menekan Ctrl + Shift +Alt + E untuk membuat layer baru hasil penggabungan antara semua layer dan efek yang ada dan ubah nama layernya menjadi "HDR". Jika sudah, sembunyikan layer black & white sebelumnya dengan cara melakukan klik pada ikon atau gambar mata di samping kiri layer.

Kembali ke layer HDR yang baru anda buat lalu tekan Ctrl + Shift + I untuk menginvert gambar. Nanti, fotonya akan kelihatan aneh seperti saat anda bangun tidur. Oleh karena itu, ubah blend modenya ke Overlay agar tampan kembali. Jangan lupa juga untuk klik kanan dan pilih Convert to Smart Object.

Kemudian, pilih Filter - Blur - Gaussian Blur dan terapkan pengaturan seperti gambar di bawah ini


Klik ok untuk mengakhri perjalanan cinta ini agar dialog box-nya hilang dan sirna. Lihat hasilnya! Emejiiing bukan?

Ini foto sebelum dan sesudah menerapkan efek foto HDR di Photoshop.


Karena telah memiliki efek HDR, foto diatas juga akan menampilkan detail gambar yang lebih akurat dibandingkan sebelumnya karena memiliki jangkauan dinamis yang setidaknya lebih tinggi dari yang aslinya. Juga, intenstas warna yang ada menjadi lebih tinggi tanpa membuat foto menjadi kelihatan aneh.

Jika anda menginginkan hasil yang sedikit berbeda atau menggunakan foto lain, silahkan berkreasi. Yang jelas, caranya tidak akan jauh beda atau masih tetap sama seperti yang saya bagikan ini.

Sekian dulu untuk panduan kali ini. Jika ada yang merasa keberatan, coba untuk memikul yang ringan-ringan saja dulu. Monggo komennya jika ada hal yang ingin ditanyakan. Dan, jangan lupa juga share tutorial ini ya, siapa tahu Ariel Noah atau Raisa lihat dan mau belajar efek yang sama. 😜

Baca-baca juga efek foto lainnya yang menarik dan membahana di blog ini, seperti:
Terima kasih atas waktu dan kesempatannya telah berada di blog sederhana ini, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi anda. Jika ada salah-salah kata, mohon dimaklumi dan dimaafkan ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »