Tutorial Cara Membuat Background/Gambar Latar Abstrak Mosaik Penuh Warna Di Photoshop

Cara-membuat-background-abstrak-mosaik-berwarna-di-Photoshop

DesainGrafisTut.blogspot.com – Pada tutorial Photoshop kali ini, anda akan mempelajari cara membuat background abstrak berwarna dengan motif mosaik. Mosaik sendiri pada dasarnya merupakan kumpulan dari satu bentuk tertentu baik kotak, lingkaran maupun bentuk lainnya secara acak yang membentuk perspektif baru.

Semoga hadirnya ini bisa membawa pengetahuan baru bagi anda terutama yang sangat hobi dan memiliki semangat yang tinggi dalam menggunakan salah satu software desain grafis ini.

Untuk membuat background ini sangatlah mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa menit saja. Sepertinya lima menit sudah lebih dari cukup.

Mari kita mulai!

1. Membuat dokumen baru di Photoshop


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat dokumen baru. Anda bisa menggunakan shortcut key Ctrl + N di keyboard atau memilih File – New. Untuk ukuran dokumen ini, saya menggunakan dimensi 550 X 330 px, resolusi 72 pixels/inch dan mengisinya dengan background berwarna putih.

Jika sudah melakukan pengaturan diatas, klik Ok untuk mulai melihat dokumen tersebut yang ditandai dengan adanya layer backgound dengan konten layer terisi warna sebagaimana yang sudah anda seting.

2. Membuat bentuk mosaik berwarna


Pada langkah yang kedua ini, anda akan membuat langsung motifnya dengan cara menduplikat layer background dan ubah namanya menjadi “Mosaik”, lalu ubah layer tersebut menjadi smart object dengan cara melakukan klik kanan dan memilih pilihan yang sudah tersedia.

Setelah itu, pilih Filter – Noise – Add Noise untuk mengisi layer ini dengan noise yang berwarna. Seting Amount ke 70 %, distribution: Gaussian, lalu klik ok untuk menutupnya. Lihat gambar di bawah ini.

Pengaturan-filter-Noise-di-Photoshop

Jika sudah, tambahkan filter selanjutnya yaitu filter Mosaic untuk mengubah layer yang “noisy” ini menjadi berbentuk kotak-kotak mosaik berwarna. Untuk melakukannya, pilih Filter – Pixelate – Mosaic. Atur cell size-nya menjadi 20 square.

Pengaturan-Mosaic-di-Photoshop

Setelah itu, duplikat layer mosaik ini dan ubah namanya menjadi “Abstrak”. Jadi, saat ini anda sudah memiliki 2 layer mosaik yang masing-masing sudah diberikan kedua efek filter yaitu noise dan mosaic. Aktifkan layer abstrak dengan cara memilihnya (klik), lalu anda akan menambahkan filter lainnya. Pilih Filter – Stylize – Find Edges untuk memunculkan outline dari mosaik yang sudah terentuk sebelumnya. Kemudian, pilih Filter – Other – Minimum dan atur radiusnya menjadi sekitar 14 pixels.

Pengaturan-filter-Minimum-di-Photoshop

Saat ini anda sudah memiliki background mosaik yang colorful, namun gambar yang dihasilkan masih sangat soft.

3. Meningkatkan dan merubah warna mosaik


Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, pada langkah yang ketiga ini, kita akan meningkatkan kontras, merubah warna dan membuatnya terlihat lebih tajam (jelas).

Pertama, pilih salah satu adjustment layer dari panel di bagian bawah (ikon lingkaran berwarna hitam dan abu-abu) lalu pilih Brightness/Contrast dan terapkan pengaturan seperti di bawah ini.
Brightness: -76
Contrast: 100

Pengaturan-Brightnes-dan-Contrast-di-Photoshop

Kemudian, pilih adjustment layer yang kedua yaitu Hue/Saturation untuk merubah warna mosaik. Pada tahap ini anda bisa meningkatkan warna yang sudah ada atau merubahnya. Saya memilih merubah warnanya saja.

Pengaturan-Hue-dan-Saturation-di-Photoshop

Jika sudah, pastikan anda mengaktifkan layer teratas dengan cara memilihnya. Sejauh ini, layer teratas yang sudah anda miliki adalah hue/saturation. Tekan Ctrl + Shift + Alt + E untuk membuat layer baru yang berisi hasil proses penyatuan semua layer yang anda miliki beserta setiap efek dan pengaturan yang sudah anda lakukan. Anda bisa merubah nama layer baru tersebut menjadi “Final” atau nama apapun yang diinginkan.

Pada layer final ini, kita akan menerapkan filter sharp untuk meningkatkan ketajaman dari background mosaik yang sudah anda buat. Untuk melakuknnya, klik kanan pada layer final dan pilih Convert to Smart Object, lalu pilih Filter – Sharpen – Unsharp Mask. Berikut pengaturan yang saya terapkan pada filter ini:
Amount: 127 %, Radius: 0.8 Pixels, Threshold: 0 levels.

Menajamkan-mosaik-menggunakan-filter-Unsharp-Mask

Klik Ok untuk menutupnya. Dan, sekarang setidaknya gambar yang anda miliki sudah terlihat lebih jelas dari sebelumnya.

4. Menambahkan tekstur pada mosaik


Jika anda sudah suka dengan hasil pada langkah ke-3 diatas, tahap ini boleh anda lewatkan saja. Jika tidak, silahkan tambahkan sedikit tekstur pada gambar anda menggunakan filter noise.

Caranya adalah, buat layer baru diatas layer terakhir (Final) lalu isi warnanya dengan 50% Gray menggunakan shortcut key Shift + F5 lalu memilih warna yang saya sebutkan tadi. Anda juga boleh mengubah nama layer ini menjadi “Tekstur”. Ubah Blend Mode layer tersebut menjadi Overlay, lalu pilih Filter – Noise – Add Noise. Ini setingannya.

Pengaturan-filter-Add-Noise-untuk-memberikan-tekstur-pada-background-Mosaik

Klik Ok untuk yang terakhir kalinya, karena langkah ini adalah yang terakhir pada tutorial ini.

Dan, selamat!

Saat ini anda sudah tahu cara membuat background abstrak berwarna dengan motif mosaik di Photoshop. Apakah panduannya cukup mudah atau anda memiliki pertanyaan yang ingin disampaikan? Silahkan langsung ke kolom komentar.

Jangan lupa juga membaca: Cara Membuat Desain Kotak-Kotak (Grids) Di Photoshop.

Bantu juga saya untuk membagikan tutorial ini di media sosial yang anda gunakan agar orang lainnya juga bisa mempelajari hal yang sama dengan yang anda lakukan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »