Cara Memasukkan Foto Dan Elemen Grafis Lainnya Kedalam Teks Menggunakan Photoshop

Cara-memasukkan-gambar-kedalam-teks-di-Photoshop

Menyisipkan/memasukkan foto dan berbagai media atau elemen grafis lainnya seperti video ke dalam teks menggunakan Adobe Photoshop itu sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun yang baru belajar menggunakan software grafis ini.

Insert gambar kedalam sebuah huruf/kata/kalimat dan bahkan paragraf ini sangat populer, dan sudah banyak menggunakan efek ini untuk digunakan sebagai Header dan gambar latar blog/website dan lain sebagainya.

Pada tutorial kali ini, saya menggunakan Adobe Photoshop CS6, namun pengaplikasiannya dapat juga diterapkan memakai versi sebelumnya bahkan Photoshop CC. Tool yang digunakan untuk mendapatkan hasil tersebut adalah Clipping Mask. Setelah itu, untuk membuat teksnya lebih menarik lagi, akan diterapkan efek menggunakan Layer Style. Gambar pertama diatas adalah hasil akhir yang saya dapatkan.

Mari kita mulai!

1. Menampilkan foto di Photoshop dan membuat gambar latar menjadi buram (blur)


Saat anda sudah membuka aplikasi Photoshop, untuk menginput gambar kedalamnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yang biasa dan paling sering saya gunakan adalah dengan mengakses terlebih dahulu file tersebut di folder komputer/laptop. Setelah itu, pilih gambar yang ingin dijadikan sebagai bahan praktek anda, lalu langsung di arahkan ke jendela dokumen Photoshop.

Sesaat kemudian, seharusnya gambar tersebut sudah berada dalam dokumen Photoshop dengan nama yang sama persis dengan file aslinya. Dalam dokumen itu juga, akan ada satu layer baru dengan nama "Background" yang merupakan bawaan dari program ini. Duplikat layer tersebut dengan menekan Ctrl + J (hanya key Ctrl dan huruf J saja, tanpa simbol +). Sekarang, layer yang anda miliki dalam dokumen tersebut menjadi 2.

Ubah nama layer ke-2 hasil duplikat dengan nama apapun yang anda inginkan. Pada tutorial ini, saya merubahnya menjadi "Input" karena gambar inilah yang akan dimasukkan ke dalam teks nantinya.

Setelah itu, klik kanan layer background (layer pertama) dan pilih Convert to Smart Object. Pada kesempatan lain, kita akan membahasa secara khusus mengenai pilihan tersebut.

Tampilan ikon thumbnail layer pertama anda akan secara otomatis berubah menjadi layer smart object dan bisa langsung diberikan efek yang diinginkan. Dalam hal ini, kita akan menjadikan layer ini sebagai gambar latar yang diberikan efek buram (blur).

Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan memilih menu Filter - Blur - Gaussian Blur. Atur setingan blur tersebut sesuai yang anda butuhkan. Dibawah ini adalah gambar pengaturan yang saya terapkan. Namun, karena kemungkinan anda menggunakan foto yang berbeda, maka pengaturannya pun akan berbeda.

Pengaturan-filter-gaussian-blur-di-Photoshop

Jika sudah, klik Ok untuk menutupnya. Perhatikan layer pertama anda. Saat ini, filter yang anda gunakan akan terlihat dan menjadi bagian dari layer tersebut karena layer anda sudah terkonversi ke smart object. Jika anda ingin merubah pengaturannya, silahkan klik 2X pada filter tersebut.

2. Memasukkan dan merubah pengaturan pada teks


Pada langkah yang kedua ini, anda akan menyisipkan teks menggunakan Horizontal Type Tool (T) yang terletak pada menu toolbar sebelah kiri (deretan menu yang ditampilkan secara vertikal). Pilih menu tersebut, lalu klik langsung pada bagian dalam dokumen/kanvas untuk menuliskan teks yang anda inginkan.

Letak-Horizontal-type-tool-di-toolbar

Kali ini, saya menggunakan jenis font Arial. Untuk merubah jenis dan ukuran font, gunakan menu Character yang biasanya ditempatkan pas sebelah kiri layer. Jika tidak atau belum pernah ditampilkan sebelumnya, cara untuk memunculkannya adalah melalui menu Windows - Character. Berikut pengaturan karakter yang saya terapkan pada panduan ini.

Pengaturan-font-menggunakan-Character-tool

Setelah semua pengaturan pada teks sudah selesai, atur posisi teks tersebut apakah anda akan menempatkannya di tengah, samping, atas ataupun bawah. Saya sih, memposisikannya pada bagian tengah saja.

Setelah itu, akan tampil bahwa sekarang anda telah memiliki 3 layer pada dokumen PS anda yaitu layer background, layer Input, dan layer teks. Silahkan ubah nama layer teks jika diperlukan. Dan, yang lebih penting dari itu semua adalah anda harus menempatkan layer teks tersebut berada di tengah atau diantara kedua layer sebelumnya. Jadi, jika disusun dari bawah, maka urutan layernya menjadi: layer background (berada pada bagian paling bawah), lalu diatasnya adalah layer teks, kemudian layer input.

Saat menyusunnya seperti demikian, pada tahap ini, teks anda tidak akan terlihat (tertutup oleh gambar pada layer input) karena layer input berada diatasnya. Untuk sekedar melihat tampilan teks, silahkan klik pada ikon mata layer input untuk menyembunyikan isi/konten layer tersebut.

Bagaimana, hingga tahap ini masih bisa diikuti dengan baik, kan?

3. Memasukkan gambar kedalam teks


Nah, pada tahap ketiga ini, anda akan langsung di pandu untuk memasukkan gambar ke dalam teks yang sudah anda ketikkan pada langkah ke-2 diatas. Pastikan bahwa anda mengaktifkan dan menampilkan konten pada layer input dengan memunculkan kembali simbol mata kalau sebelumnya telah dihilangkan.

Lalu, klik kanan pada layer input tersebut dan pilih Create Clipping Mask. Dan, bim salabim, magic. hahaha. Tapi, sudah bisa dilihatkan bahwa sekarang, gambar/foto dalam layer input masuk kedalam teks anda secara otomatis?

Jika ada satu titik atau perspektif foto yang ingin anda tampilkan, misalnya hanya ingin memperlihatkan bagian sisi kanan foto saja pada teks tersebut, klik layernya, lalu tekan V pada keyboard anda untuk mengaktifkan Move Tool. Setelah itu, geser foto tersebut ke kiri atau ke arah manapun. Bisa juga hanya dengan menggunakan tanda panah pada simbol di keyboard anda.

4. Memberikan efek sederhana pada teks menggunakan Layer Style


Jika langkah ketiga diatas sudah fix dan tidak memerlukan perubahan lagi, sekarang saatnya untuk menerapkan efek khusus yang sederhana pada tulisan tersebut menggunakan layer style. Caranya, klik 2X pada layer teks dan sesaat setelah itu akan ditampilkan kotak dialog layer style.

Langkah pertama adalah dengan memberikan efek Stroke berwarna putih yang membuat huruf/teks memiliki outline/garis luar. Settingannya adalah sebagai berikut:

Efek-Stroke

Setelah itu, efek kedua yang akan digunakan adalah Inner Shadow dengan kode warnanya yaitu #ff00f6

Inner-shadow

Dan, yang terakhir adalah Drop Shadow untuk memberikan efek bayangan pada teks.

Drop-Shadow

Jika ketiga efek pada layer style diatas sudah selesai dan tidak dibutuhkan lagi efek lainnya, klik Ok untuk menutup kotak dialog tersebut dan lihat hasil yang anda dapatkan. Dan, langkah ini adalah tahap akhir dari panduan yang saya bagikan ini. Mengenai berapa dan bagaimana tampilan layer yang saya gunakan, bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Susunan-layer-akhir

Setelah itu, anda bisa meng-crop gambar tersebut sesuai dengan ukuran/dimensi yang anda inginkan jika itu memang dibutuhkan, lalu silahkan simpan hasil yang sudah anda dapatkan.

Selesai.

Ke-4 langkah diatas adalah cara yang biasa saya gunakan untuk memasukkan gambar/foto ke dalam teks menggunakan Photoshop.

Baca juga:
Jika ada yang membingungkan atau terdapat kekeliruan pada langkah-langkah pembuatannya diatas, silahkan menanyakan dan menginformasikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Share this

Related Posts

First